16 Des 2015

PENGERTIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Psikologi berasaldari kata dalambahasaYunani Psychology yang merupakangabungandan kata psyche dan logos. Psyche berartijiwadan logos berartiilmu. Secaraharafiah psikologi diartikansebagal ilmujiwa.Istilah psyche ataujiwamasihsulitdidefinisikankarenajiwaitumerupakanobjek yang bersifatabstrak, sulitdilihatwujudnya, meskipuntidakdapatdimungkirikeberadaannya. Dalambeberapadasawarsainiistilahjiwasudahjarangdipakaidandigantidenganistilahpsikis.

PengertianPsikologiMenurutBeberapaAhli
Ada banyakahli yang mengemukakanpendapattentang pengertianpsikologi, diantaranya:

1.    PengertianPsikologi menurutEnsiklopediNasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologiadalahilmu yang mempelajariperilakumanusiadanbinatangbaik yang dapatdilihat  secaralangsungmaupun yang tidakdapatdilihatsecaralangsung.
2.    PengertianPsikologi menurutDakir (1993), psikologimembahastingkahlakumanusiadalamhubungannyadenganlingkungannya.
3.    PengertianPsikologi menurutMuhibbinSyah (2001), psikologiadalahilmupengetahuan yang mempelajaritingkahlakuterbukadantertutuppadamanusiabaikselakuindividumaupunkelompok, dalamhubungannyadenganlingkungan. Tingkahlakuterbukaadalahtingkahlaku yang bersifatpsikomotor yang meliputiperbuatanberbicara, duduk ,berjalandan lain sebgainya, sedangkantingkahlakutertutupmeliputiberfikir, berkeyakinan, berperasaandan lain sebagainya.
4.    Dari beberapadefinisitersebutdiatasdapatdisimpulkanbahwa pengertianpsikologi adalah ilmupengetahuan yang mempelajaritingkahlakumanusia, baiksebagaiindividumaupundalamhubungannyadenganlingkungannya. Tingkahlakutersebutberupatingkahlaku yang tampakmaupuntidaktampak, tingkahlaku yang disadarimaupun yang tidakdisadari.

Dapatdiketahuibahwa pengertianpsikologi merupakanilmutentangtingkahlaku.Padahakekatnyatingkahlakumanusiaitusangatluas, semua yang dialamidandilakukanmanusiamerupakantingkahlaku.Semenjakbanguntidursampaitidurkembalimanusiadipenuhiolehberbagaitingkahlaku.Dengandemikian objekilmupsikologi sangatluas.Karenaluasnyaobjek yang dipelajaripsikologi, makadalamperkembangannya ilmupsikologi dikelompokkandalambeberapabidang, yaitu:

  PsikologiPerkembangan, yaituilmu yang mempelajaritingkahlaku yang terdapatpadatiap-tiaptahapperkembanganmanusiasepanjangrentangkehidupannya.
  PsikologiPendidikan, yaituilmu yang mempelajaritingkahlakumanusiadalamsituasipendidikan.
  PsikologiSosial, ilmu yang mempelajaritingkahlakumanusiadalamberhubungandenganmasyarakatsekitarnya.
  PsikologiIndustri, ilmu yang mempelajaritingkahlaku yang munculdalamduniaindustridanorganisasi.
  PsikologiKlinis, ilmu  yang mempelajaritingkahlakumanusia yang sehatdantidaksehat, normal dantidak normal, dilihatdariaspekpsikisnya.



Bisakitapahamibersamapsikologipendidikanadalahcabangdariilmupsikologi yang mengkhususkandiripadacaramemahamipengajarandanpembelajarandalamlingkunganpendidikanPsikologipendidikanmerupakansumbangsihdariilmupengetahuanpsikologiterhadapduniapendidikandalamkegiatanpendidikanpembelajaran, pengembangankurikulum,prosesbelajarmengajar,sistemevaluasi,danlayanankonselingmerupakansertabeberapakegiatanutamadalampendidikanterhadappesertadidik,pendidik,orangtua,masyarakatdanpemerintah agar tujuanpendidikandapattercapaisecarasempurnadantepatguna.Pendidikanmemangtidakbisadilepaskandaripsikologi.
Olehkarenaitu, agar tujuanpendidikandapattercapaisecaraefektifdanefisien,makasetiaporangyangterlibatdalampendidikantersebutseyogyanyadapatmemahamitentangperilakuindividusekaligusdapatmenunjukkanperilakunyasecaraefektif.Duniapendidikankhususnya di sekolah, memegangperananpentingdalam proses belajarselaininstasisekolahadalahadanyakerjasamaantara guru dansiswa. Seorang gurumemegangperananpentingdalammembentuksiswanya.Tidakhanyamembentukdalambentukpolapikirataupengetahuan,seoranggurujugadituntutuntukdapatmembentuksiswanyadarisegitingkahlakudanemosionalsiswa.Seorang guru jugaberperansebagaipenggantiorangtuaatauorangtuakeduabagisiswadisekolah.Sehinggaseorangguruharusdapatdanmampumemberikancontoh yang posistifataumemberikanmotivasiyang baikbagisiswa.
Di sekolahseringsekaliterdapatanak yang malas,tidakmenyenangkan,sukamembolos,dan lain sebagainya.Dalamhaldemikianberartibahwa guru tidakberhasilmemberikanmotivasi yang tepatuntukmendorongdanmemberisemangatbagianakdidiknya agar dapatbelajardenganbaikdansungguh-sungguh.

Previous Post
Next Post

0 Comments: