Psikologi berasaldari kata dalambahasaYunani Psychology yang merupakangabungandan kata psyche dan logos. Psyche berartijiwadan logos berartiilmu.
Secaraharafiah psikologi diartikansebagal ilmujiwa.Istilah psyche ataujiwamasihsulitdidefinisikankarenajiwaitumerupakanobjek
yang bersifatabstrak, sulitdilihatwujudnya,
meskipuntidakdapatdimungkirikeberadaannya.
Dalambeberapadasawarsainiistilahjiwasudahjarangdipakaidandigantidenganistilahpsikis.
PengertianPsikologiMenurutBeberapaAhli
PengertianPsikologiMenurutBeberapaAhli
Ada banyakahli yang
mengemukakanpendapattentang pengertianpsikologi, diantaranya:
1. PengertianPsikologi menurutEnsiklopediNasional
Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologiadalahilmu yang
mempelajariperilakumanusiadanbinatangbaik yang dapatdilihat
secaralangsungmaupun yang tidakdapatdilihatsecaralangsung.
2. PengertianPsikologi menurutDakir (1993),
psikologimembahastingkahlakumanusiadalamhubungannyadenganlingkungannya.
3. PengertianPsikologi menurutMuhibbinSyah
(2001), psikologiadalahilmupengetahuan yang
mempelajaritingkahlakuterbukadantertutuppadamanusiabaikselakuindividumaupunkelompok,
dalamhubungannyadenganlingkungan. Tingkahlakuterbukaadalahtingkahlaku yang
bersifatpsikomotor yang meliputiperbuatanberbicara, duduk ,berjalandan lain
sebgainya, sedangkantingkahlakutertutupmeliputiberfikir, berkeyakinan,
berperasaandan lain sebagainya.
4. Dari
beberapadefinisitersebutdiatasdapatdisimpulkanbahwa pengertianpsikologi adalah ilmupengetahuan
yang mempelajaritingkahlakumanusia,
baiksebagaiindividumaupundalamhubungannyadenganlingkungannya.
Tingkahlakutersebutberupatingkahlaku yang tampakmaupuntidaktampak, tingkahlaku
yang disadarimaupun yang tidakdisadari.
Dapatdiketahuibahwa pengertianpsikologi merupakanilmutentangtingkahlaku.Padahakekatnyatingkahlakumanusiaitusangatluas,
semua yang
dialamidandilakukanmanusiamerupakantingkahlaku.Semenjakbanguntidursampaitidurkembalimanusiadipenuhiolehberbagaitingkahlaku.Dengandemikian objekilmupsikologi sangatluas.Karenaluasnyaobjek
yang dipelajaripsikologi, makadalamperkembangannya ilmupsikologi dikelompokkandalambeberapabidang,
yaitu:
PsikologiPerkembangan, yaituilmu yang
mempelajaritingkahlaku yang
terdapatpadatiap-tiaptahapperkembanganmanusiasepanjangrentangkehidupannya.
PsikologiPendidikan, yaituilmu yang
mempelajaritingkahlakumanusiadalamsituasipendidikan.
PsikologiSosial, ilmu yang
mempelajaritingkahlakumanusiadalamberhubungandenganmasyarakatsekitarnya.
PsikologiIndustri, ilmu yang mempelajaritingkahlaku
yang munculdalamduniaindustridanorganisasi.
PsikologiKlinis, ilmu
yang mempelajaritingkahlakumanusia yang sehatdantidaksehat, normal dantidak
normal, dilihatdariaspekpsikisnya.
Bisakitapahamibersamapsikologipendidikanadalahcabangdariilmupsikologi
yang mengkhususkandiripadacaramemahamipengajarandanpembelajarandalamlingkunganpendidikanPsikologipendidikanmerupakansumbangsihdariilmupengetahuanpsikologiterhadapduniapendidikandalamkegiatanpendidikanpembelajaran,
pengembangankurikulum,prosesbelajarmengajar,sistemevaluasi,danlayanankonselingmerupakansertabeberapakegiatanutamadalampendidikanterhadappesertadidik,pendidik,orangtua,masyarakatdanpemerintah
agar tujuanpendidikandapattercapaisecarasempurnadantepatguna.Pendidikanmemangtidakbisadilepaskandaripsikologi.
Olehkarenaitu, agar
tujuanpendidikandapattercapaisecaraefektifdanefisien,makasetiaporangyangterlibatdalampendidikantersebutseyogyanyadapatmemahamitentangperilakuindividusekaligusdapatmenunjukkanperilakunyasecaraefektif.Duniapendidikankhususnya di sekolah, memegangperananpentingdalam
proses belajarselaininstasisekolahadalahadanyakerjasamaantara guru
dansiswa. Seorang
gurumemegangperananpentingdalammembentuksiswanya.Tidakhanyamembentukdalambentukpolapikirataupengetahuan,seoranggurujugadituntutuntukdapatmembentuksiswanyadarisegitingkahlakudanemosionalsiswa.Seorang
guru
jugaberperansebagaipenggantiorangtuaatauorangtuakeduabagisiswadisekolah.Sehinggaseorangguruharusdapatdanmampumemberikancontoh
yang posistifataumemberikanmotivasiyang baikbagisiswa.
Di
sekolahseringsekaliterdapatanak yang malas,tidakmenyenangkan,sukamembolos,dan
lain sebagainya.Dalamhaldemikianberartibahwa guru
tidakberhasilmemberikanmotivasi yang tepatuntukmendorongdanmemberisemangatbagianakdidiknya
agar dapatbelajardenganbaikdansungguh-sungguh.
0 Comments: