1 Mar 2020

Seri Psikologi Kepribadian, Bagian 2. Bagaimana Psikologi Kepribadian Membantu Saya Menerima Semua Orang, Termasuk Saya

Seri Psikologi Kepribadian, Bagian 2. 
Bagaimana Psikologi Kepribadian Membantu Saya Menerima Semua Orang, Termasuk Saya.



Butuh 24 tahun berkeliaran di planet ini sebelum saya menyadari bahwa saya adalah buah yang unik.

Kepingan salju begitu 2012.

Sampai usia matang 24, saya berasumsi bahwa semua orang pada dasarnya sama. Ya melihat eksternal, kami tampak berbeda. Kami terlihat berbeda. Kami berperilaku dengan cara yang unik. Tapi jangan biarkan itu menipu Anda! Itu adalah ilusi! Perbedaan eksternal tidak harus berarti bahwa ada sesuatu yang unik tentang kita di dalam.

Saya menyimpulkan bahwa pikiran, emosi, dan kecenderungan alami kita semua sama.

Kami hanya berperilaku berbeda karena kami semua dibesarkan dan dikondisikan untuk berperilaku berbeda.

Saya berasumsi bahwa setiap orang memiliki keringat yang sama, perut bergolak saat memikirkan konfrontasi seperti yang saya lakukan, beberapa orang hanya memilih untuk bersikap konfrontatif.

Saya berasumsi bahwa semua orang dapat memecahkan masalah matematika abstrak sebaik yang saya bisa, yang lain hanya berusaha lebih atau kurang dari yang saya lakukan.

Saya berasumsi bahwa semua orang tidak merasakan apa-apa ketika mendengarkan musik rock dan punk, beberapa orang hanya memaksa diri mereka untuk mendengarkannya. 


Jelas bagi saya bahwa orang lain berperilaku berbeda. Tetapi karena saya tidak dapat benar-benar mengintip ke dalam pikiran orang lain, saya tidak tahu apa yang sebenarnya mereka rasakan atau pikirkan.

Karena itu, saya punya pertanyaan yang belum terjawab.

Bagaimana perasaan orang lain ketika mereka mendengarkan Sex Pistols?

Proses apa yang digunakan orang lain untuk menyelesaikan persamaan aljabar?

Apakah semua orang menangis saat akhir Disney?

Saya berasumsi semua orang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan cara yang sama saya lakukan - dan jika mereka tidak melakukannya, itu hanya karena mereka dibesarkan secara berbeda.

Saya menaruh semua iman saya dalam pemeliharaan. Alam tidak ada hubungannya dengan kita. Paling-paling, kepribadian kita yang melekat itu sepele unik.

Jadi saya dengan gembira mengasumsikan bahwa semua orang, seperti saya, suka membuat musik dan tidak menyukai teknik. Beberapa orang hanya memilih untuk menyedotnya dan menjadi insinyur. Yang lain menyerah dan mencoba menjadikannya sebagai musisi.


Tetapi gagasan bahwa kita semua adalah orang yang sama - hanya berperilaku berbeda - sebenarnya tidak masuk akal. 

Tetapi bagi saya sepertinya banyak orang percaya ini benar.

Mengapa saya mengatakan itu?

Jika saya percaya bahwa orang pada dasarnya berbeda dari diri saya, dalam hal pikiran, perasaan, dan motivasi, daripada mengapa saya memberi tahu orang lain bahwa mereka salah, atau menjatuhkan orang lain, atau membuat opini orang lain tidak sah? Mengapa saya mengharapkan Anda berperilaku dengan cara tertentu, dan menjadi marah jika Anda tidak bertindak seperti itu? Mengapa saya diyakinkan bahwa cara saya menjalani hidup saya adalah cara Anda harus menjalani hidup Anda?

Memberitahu seseorang bahwa mereka salah informasi adalah satu hal. Tetapi itu pun proposisi yang tidak pasti, karena apa itu informasi atau pengetahuan? Definisi pengetahuan, menurut google, adalah "fakta, informasi, dan keterampilan yang diperoleh seseorang melalui pengalaman atau pendidikan." Nah, jika "fakta" itu diperoleh melalui pengalaman, dan pengalaman setiap orang berbeda, maka mereka tidak benar-benar "fakta" dalam arti kata yang obyektif, bukan? 


"Semua yang kita dengar adalah pendapat, bukan fakta. Semua yang kita lihat adalah perspektif, bukan kebenaran. ” - Marcus Aurelius 

Kita semua hanya mengungkapkan apa yang benar dalam pengalaman kita. Hanya itu yang bisa kita katakan. Sebenarnya saya tidak bisa berbicara untuk Anda, saya juga tidak bisa membatalkan pengalaman Anda - kecuali jika Anda mengizinkan saya melakukannya. Jika satu orang mencoba untuk membatalkan pengalaman orang lain, dan korban membiarkan pengalaman mereka menjadi tidak berlaku ... Tunjangan itu adalah pilihan yang dibuat oleh "korban". Meskipun, harus diakui, ini bukan hal yang mudah dikendalikan. Tetapi membuat kelonggaran adalah bagaimana ego dilukai, batasan dilanggar, argumen dimulai, dan, terkadang, kekerasan dilakukan.

Dan kita semua pernah mengalami ini. 


Meskipun kita semua adalah manusia, kita masing-masing menunjukkan variasi dalam pola dan tindakan pemikiran kebiasaan kita. Jadi jelas bahwa kita memiliki kepribadian yang berbeda, dan dalam beberapa hal, kita secara alami berbeda satu sama lain. 

Psikolog membagi kecenderungan kognitif, emosional, motivasi dan perilaku manusia menjadi dua divisi - divisi yang kita miliki sejak lahir, dan yang kita pelajari. Jika kita tahu yang mana, maka kita bisa tahu mana yang bisa kita ubah untuk menjadi orang yang lebih baik, dan mana yang bisa kita pelajari untuk diterima dan digunakan untuk kesuksesan dan kenikmatan maksimal dalam hidup kita. 

Pemahaman tentang psikologi kepribadian memungkinkan kita untuk:
  1. Kembangkan kekuatan alami kita hingga potensi tertinggi mereka, dan izinkan kita membuat kelonggaran di area-area di mana kita secara alami lebih lemah.
  2. Tempatkan diri kita pada posisi di mana kita dapat memanfaatkan kekuatan kita, dan dengan demikian merasa bersemangat dengan pekerjaan kita.
  3. Atur diri kita menjadi kelompok-kelompok yang dapat mempertimbangkan semua realitas dan kemungkinan dari suatu situasi dan menganalisis dampak dari keputusan potensial.
  4. Berkomunikasi lebih efektif dan dengan lebih sedikit perselisihan.
  5. Pimpin kehidupan yang lebih seimbang, memuaskan, dan lebih bahagia di jalan mana pun yang kita pilih. 
Memahami bahwa orang lain itu unik dan secara fundamental berbeda dari diri kita sendiri, dan mengetahui bagaimana kita semua berbeda sangat menguntungkan bagi kesejahteraan kita. Saya bahkan akan melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa pemahaman tentang psikologi kepribadian diperlukan untuk penyembuhan dan pertumbuhan di setiap tingkat komunitas - dari teman dan keluarga pribadi kita, hingga mitra kita, teman sekolah kita, rekan kerja kita, hingga komunitas kita, ke negara kita.

Pada dasarnya, pada tingkat kepribadian (kecenderungan dalam motivasi, persepsi, pikiran, dan perasaan kita) kita semua unik. Atlet yang selalu berbicara tentang statistik sepakbola? Dia tidak berpura-pura. Dia menyukai permainan. Dia mendapat perasaan yang sama mencetak gol daripada yang saya lakukan ketika saya memecahkan masalah matematika yang menantang.

Adikku yang membuat semua orang di sekitarnya segera merasa nyaman? Itu adalah hadiah yang dia miliki - hadiah itu datang kepadanya dengan mudah.


Ingin tahu apa yang datang kepada saya dengan mudah?

Menjadi sangat canggung dalam membuat obrolan ringan. Terlalu memikirkan segalanya. Melakukan tugas yang paling sederhana dengan cara yang paling rumit.

Tetapi beberapa hal jelas datang dengan usaha yang relatif kurang bagi saya daripada yang mereka lakukan untuk orang lain. Mendengar musik dan memainkannya dengan piano di telinga. Berpikir abstrak dan logis. Mempertimbangkan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah. Berempati dengan orang lain, dan melihat semua sisi argumen.

Cara terbaik untuk mengetahui bahwa kita secara fundamental berbeda satu sama lain adalah bahwa tidak perlu mencoba menjadi sesuatu yang bukan milik kita. Faktanya, mencoba menjadi orang lain sama seperti memukul pedal gas ketika mobil Anda terjebak dalam lumpur: itu buang-buang energi, dan hanya menyebabkan frustrasi. Kita semua memiliki kekuatan, juga kelemahan, dan menerima keduanya sangat penting untuk menjalani kehidupan yang seimbang.


Tidak hanya pemahaman tentang kepribadian saya membantu saya menerima diri saya sendiri, tetapi juga membantu saya menerima orang lain. Saya tidak berharap orang-orang berubah sesuai dengan kepribadian SAYA. Jika orang lain berperilaku berbeda dari yang saya lakukan, saya memiliki kerangka kerja untuk memahami mengapa mereka melakukannya. Saya tidak merasa frustrasi ketika orang lain tidak memikirkan hal-hal seperti saya, atau melihat sudut pandang saya, atau memiliki reaksi emosional yang sama dengan hal-hal seperti saya. Karena, pada level tertentu, kita adalah orang yang berbeda. Dan itu tidak masalah.

Pada saat yang sama, kami tidak jauh berbeda. Kita masing-masing mengalami pikiran, kegembiraan, kesedihan, ketakutan, amarah, frustrasi, terangsang, inspirasi, keputusasaan, tujuan, kurangnya tujuan, kecemburuan, kekaguman - spektrum tak terbatas dari emosi manusia. Kami hanya mengalami hal-hal ini pada waktu yang berbeda, dan dalam menanggapi hal-hal yang berbeda.


Secara teori, kita selalu dapat menerima diri kita sendiri setiap saat. Kami tidak perlu tahu apa pun tentang introversi, sifat 5 Karakter Utama, atau tes Myers-Briggs. Beberapa orang suka memahami mengapa sesuatu bekerja, dan beberapa suka memahami caranya. Memahami psikologi manusia pada tingkat abstrak seperti ini sangat penting bagi pertumbuhan saya, dan mungkin juga penting bagi Anda.

Mengetahui cara-cara di mana kita, sebagai manusia, secara fundamental dan alami berbeda, dan cara-cara di mana kita mirip adalah mengapa saya tertarik pada psikologi kepribadian. Ini membantu saya untuk memahami siapa saya dan mengapa kita sebagai orang seperti kita. Yang paling penting Ini telah membuka pintu untuk menerima tidak hanya diri saya sendiri, tetapi orang lain juga. Persis seperti kita.



SUMBER :
Terjemah dari :
https://medium.com/@NathanZ/how-personality-psychology-helped-me-to-accept-everyone-including-myself-39799c86e273

Stay tuned for more articles on personality psychology. Next time I’ll talk about Jung’s 4 fundamental psychological functions — and how each of us tends to use one the most. Read more at https://live-your-purpose.squarespace.com
Previous Post
Next Post

0 Comments: